Selasa, 19 Juli 2016

SMETRIC THE POWER CONSUMPTION REDUCER DEVICE

JENIS-JENIS SMETRIC, FUNGSI DAN SISTEM KERJA


SISTEM KERJA SMETRIC, SAFETY, COS PHI dan SUDUT DELTA V
SMETRIC adalah perpaduan sistem kerja inverter dan kapasitor bank dng prinsip kerja mengalihfungsikan peran perusahaan utilitas (PLN) dlm hal supply daya reaktif.
Terinstal scara keseluruhan secara partial pd beban induktif, resistif dan kapasitif.
Pada saat motor bekerja, motor induksi membutuhkan daya reAktif utk memagnatisasi kumparan, nah peran perusahaan utilitas (PLN) yg selama ini men supply daya reaktif yg di butuhkan motor perannya tergantikan oleh SMETRIC. Setelah SMETRIC terinstall timbullah konsumsi daya murni, karena kebutuhan daya reaktif agar motor bisa bekerja di supply keseluruhan oleh SMETRIC.
Selama ini konsumsi daya yg di salurkan utk menggerakkan motor, para engineer selalu menilai itu adalah daya murni, karena ada kapasitor bank terinstall di dpn. Padahal sesungguhnya daya yg mengalir masih bnyak mengandung daya reaktif, knp? Karena motor induksi pd prinsip kerjanya membutuhkan daya reaktif.
Nah disinilah peran SMETRIC sesungguhnya, dengan instalasi SMETRIC, daya yg mengalir adalah daya nyata, karena kebutuhan daya reaktif agar motor bisa bekerja sdh sepenuhnya di topang oleh SMETRIC.
SAFETY
Factor safety dr SMETRIC sdh kita set disesuaikan dengan standard PUIL (adanya circuit breaker) sehingga bila terjadi konsleting arus listrik SMETRIC akan otomatis terputus, sehingga konsumsi arus listrik akan kembali normal.
COSPHI
Sebenernya para produsen motor memproduksi motor2 induksi diperuntukka penggunaan beban maksimal, sehingga pd beban maksimal cosphi selalu bagus (0,99 rata2). Tp faktanya pd mesin2 industri, motor tdk selalu bekerja pd beban maks. Ada saat motor bekerja dengan beban 20%, 50%, dan 70% dari beban. Nah pd saat motor bekerja pd beban rendah COSPHI motor akan otomatis rendah, disinilah fungsi dan SMETRIC sesungguhnya, yaitu mampu memperbaiki COS PHI di segala beban, baik itu beban rendah atau tinggi.
COSPHI yg td nya jelek menjadi baik, dan COSPHI yg tdnya baik menjadi lebih baik lagi.
SUDUT DELTA V
SMETRIC mampu memperbaiki sudut delta V, karena kegunaannya selain sebagai power consumption reducer device juga sbgai voltage stabilizer.
Karena bila sudut delta V tdk stabil karena naik turinnya tegangan bisa mengakibatkan kinerja motor menjadi tdk stabil dan mampu mempengaruhi usia dr motor tsb.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar